Graduation: Momen Mengenang Kebaikan Tuhan

graduation-2015-5Graduation! Sebuah momen yang sangat dinanti-nantikan seseorang yang sedang bersekolah maupun berkuliah. Momen ini juga tentunya dinanti oleh keluarga mereka yang selama ini mengorbankan banyak hal demi melihat anak mereka menuntut ilmu.

Graduation juga adalah sebuah momen yang sangat berharga bagi saya. Ketika menjalani kehidupan berkuliah beberapa tahun yang lalu, saya punya banyak mimpi untuk graduation. “Wah ingin banyak dapat bunga, dapat balon helium warna warni, di selamatin semua teman-teman, dapat banyak kado, dan lebih lagi bisa berdiri dengan bangga ketika di podium.”

Di kampus saya ada beberapa kesempatan seseorang maju ke podium saat acara wisuda. Yang pertama, untuk pemindahan tali – salaman dengan rektor dan pemberian ijazah. Selanjutnya ada penghargaan khusus untuk para wisudawan/wisudawati lulusan kumlaud (cumlaude) dan juga aktif berprestasi. Aktif berprestasi adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada para wisudawan yang selama masa kuliah aktif dalam berbagai kepanitiaan/organisasi hingga mencapai poin tertentu. Nilai akademik juga menjadi salah satu penilaian. Dan yang terakhir adalah seseorang yang akan membawakan sambutan mewakili semua yang diwisuda saat itu. Dan tentu, mimpi saya adalah untuk mendapatkan keempat hal diatas.

Hingga pada akhirnya saya menyadari bahwa bukan keempat hal tersebut yang paling penting dalam sebuah momen wisuda, melainkan integritas. Integritas yang saya maksud disini ialah bagaimana kita dapat menjadi lulusan yang mengabdi pada bangsa dan terus menjadi kesaksian bagi orang di sekitar. Berkuliah di salah satu universitas Kristen terbaik di Indonesia membuat saya bukan saja menuntut ilmu tetapi juga membina iman saya kepada Kristus.

Tiap semester saya mengikuti euforia wisuda tersebut. Dan itu berarti, saya diingatkan kembali akan kebaikan Tuhan pada setiap semester. Mengucapkan selamat kepada para senior saya yang pernah memberikan pengaruh dalam pertumbuhan iman saya. Seringkali juga saya meneteskan air mata melihat para senior ini berbalut toga wisuda. Mengenang kembali setiap proses hidup mereka di kampus, bagaimana mereka menjadi saksi Kristus bagi para junior dan kesetiaan mereka membimbing kami. Di satu sisi, air mata itu menandakan sebuah perpisahan yang harus dialami. Para senior tentunya harus pergi bekerja, tidak all-day-long di kampus lagi. Banyak orang berkata “wisuda bukanlah akhir, tapi sebuah awal yang baru”. Ada juga yang mengucapkan selamat sambil berkata “Welcome to the real world” (Selamat datang di dunia nyata). Namun, bagiku graduation ceremony dan semua euforia ini adalah untuk merayakan kebaikan Tuhan dalam kehidupan kuliah selama lebih kurang 4 tahun dan juga sebagai sebuah momentum proses hidup yang baru, yaitu dunia kerja.

 

graduation-1

Graduation – Feb 2014 Thank you God for Your opportunity to me that I can meet them and get a process with them. Thank you my family in Christ for all you’ve done, for your smile and tears, for your legacy to us. Thank you for your shoulder to cry on. GIVE THANKS! Happy Graduation ♡♡♡

graduation-2

Graduation – Agustus 2014 Behind the Scene – Ce vio Graduation Surprise!!! Well done! Thankyou for @dennis_ags for being our photographer.. Haha

graduation-3

Graduation – Agustus 2014 Thankyou so much!thankyou! Thankyou for your legacy and being a part of my life process. Happy graduation, my beloved “teddy bear”, Vionatha Lengkong,S.S. still be the light in your future life.

 

Waktu berlalu dan akhirnya bukan saja saya harus melihat para senior itu pergi satu per satu. Saya juga akan mengalami itu sebentar lagi. Perasaan senang dan juga sedih berkecamuk menjadi satu. Teringat semua kenangan dan proses selama berkuliah membuat saya berat meninggalkan kampus ini. Tetapi, kehidupan haruslah berlanjut. Saya harus terus melanjutkan ke fase hidup yang berikut. Mimpi-mimpi saya di awal berkuliah hampir semuanya terwujud. Banyak bunga harus saya genggam, banyak kado, banyak orang yang datang dan semua wajah terlihat begitu gembira dan penuh rasa syukur. Namun kemudian saya menyadari bahwa momen itu hanya sehari-2 hari saja. Minggu-minggu setelah wisuda, saya merasa begitu kesepian. Tidak lagi ke kampus, yang tersisa hanya bunga-bunga yang sudah mulai layu. Masih berstatus fresh graduate yang sedang menunggu panggilan kerja. Hingga tiba saatnya, saya merasakan fase baru dalam hidup, bekerja. (Baca ceritanya di sini: Memulai Kembali)

Foto bersama dengan Pengurus Kerohanian lintas generasi saat wisuda tahun 2015

Foto bersama dengan Pengurus Kerohanian lintas generasi saat wisuda tahun 2015

Bersama angkatan 2011 Jurusan Teknik informatika

Bersama angkatan 2011 Jurusan Teknik informatika

Momen menerima tanda kasih dari para sahabat

Momen menerima tanda kasih dari para sahabat

Bersama 2 orang pembimbing rohani

Bersama 2 orang pembimbing rohani

 

Saya terus menjalani kehidupan saya di fase yang baru tersebut. Hingga beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi kampus saya dan mengikuti kembali euforia wisuda tersebut. Disaat itu saya datang sebagai seorang senior yang menyelamatin adik-adik rohani saya. Ada rasa haru ketika berfoto bersama. Rasa haru ketika mengenang kembali dan menjadi saksi kehidupan mereka selama 4 tahun berkuliah.

graduation-7

Graduation – Agustus 2016 Bersama adik – adik tutorial Etika angkatan 2012

graduation-8

Graduation – Agustus 2016 Bersama teman – teman sepelayanan di kampus.

Saat itu saya hanya bisa meneteskan air mata dan berkata dalam hati “well done! Terima kasih untuk setiap kesetiaan kalian.Bersyukur kepada Allah untuk setiap proses ini”.

Sekali lagi saya ingin katakan bahwa wisuda / graduation ceremony adalah momen mengenang kembali kebaikan Tuhan dan MEMPERCAYAKAN hidup setelahnya kepada Tuhan. Perpisahan akan mengiringi setiap momen tersebut, tapi Tuhan tetap akan terus menyertai. Percayalah, suatu saat akan ada reuni akbar bersama setiap orang percaya di Surga!

graduation-6

Foto Bersama dari waktu ke waktu bersama BPH Pelayanan Mahasiswa UK Petra.

 

Leave a Reply

