Tips Menggunakan Twitter

Pada artikel kali ini, saya ingin membagi sedikit tips untuk para pembaca tentang bagaimana menggunakan jejaring social, twitter. Walau kedengarannya agak jadul tapi masih banyak loh orang yang belum tahu.

Menurut sebagian orang, menggunakan twitter sangat rumit bla dibandingkan dengan menggunakan facebook. Tapi, tidak juga. Menggunakan twitter lebih asyik bila dibandingkan dengan facebook.
1. Twitter Tidak Ada Notification dan Wall
Ya, jika biasanya anda –pengguna facebook- memiliki notification atau wall, jangan heran bila twitter tidak memiliki itu semua.
Jika anda ingin mengirim pesan kepada teman anda di Twitter, anda hanya cukup mengetik @username-teman-anda dan diikuti isi pesan. (contohnya: @rio besok jalan yukk…..). mudah bukan??? Pesan anda ini dapat dibaca oleh semua followers anda. Oleh karena itu, jika anda ingin mengirimkan pesan yang bersifat “privacy” anda dapat menggunakan DIRECT MESSAGE atau yang biasa disingkat DM. DM memungkinkan seluruh pesan kepada teman anda, tidak dapat dibaca oleh siapapun kecuali anda dan teman anda itu.
2. Bagaimana kita dapat membaca pesan yang ditujukan buat kita?
Caranya mudah saja, anda cukup klik pada link @username-anda di bagian kanan layar (jika lewat web/PC) atau klik di mention (jika anda menggunakan mobile web).
Setelah itu pilih  untuk Reply atau  untuk Retweet. Perbedaan Reply sama Retweet tidak jauh berbeda. Hanya saja, dengan Retweet kembali bisa kembali nge’tweet pesan teman kepada kita. (Contohnya : pesan kepada @rio dari @mona. @rio apa kabar? . Rio membalas dengan cara reply @mona baik. Kabarmu?. Rio membalas dengan cara nge’retweet. Baik. Kabarmu? RT @mona : @rio apa kabar? )
Nah sekarang kalian mengerti kan??
3. Twitter punya Trending Topic
Pengguna twitter sudah tersebar di seluruh dunia. Secara otomatis, twitter mencatat kata-kata / topic yang paling sering muncul saat nge’tweet. Nah, itulah yang bernama Trending Topic. Biasanya ada 10 trending topic yang selalu di tampilkan di layar computer bagian kanan. (Contohnya : #nowplaying, justin bieber, dll)
4. Aplikasi Twitter untuk HP-mu.
Saat online twitter, selalu di tulis darimana kita online sama hal-nya dengan facebook. Di twitter, jika kita online PC, maka akan tertulis from web atau jika kita online lewat HP, opera misalnya, maka akan tertulis from mobile web. Nah, kita bisa mengkreasikan itu dengan hal-hal yang lebih menarik. Kita bisa mendownload aplikasi SNAPTU dan menggunakannya.
Aplikasi ini, mudah digunakan dan mudah dimengerti. Nge’tweet dengan aplikasi ini akan tertulis from snaptu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan tweetDeck, Ubertwitter untuk BB atau echofon / twittelator untuk iPhone. dengan HP seadanya saja, kita juga bisa mengupdate status dengan tulisan from ngubertwitter / from dabr / from tuitwit. Kita tidak perlu bersusah payah untuk mendownload aplikasi diatas. Kita hanya cukup membukanya dari OPERA MINI / Web di HP.
– Untuk ngubertwitter : http://ngubertwitter.abifathir.com
– Untuk dabr : http://dabr.co.uk
– Untuk Blackberry punya teman : http://volverhank.net/twitter
– Untuk tuitwit : http://www.tuitwit.com
– Untuk Bukan Blackberry : http://twitter.abifathir.com

(note ini masih bersambung, berharap kalian sabar dan selalu mengupdate sambungannya)

Maaf apabila masih ada kekurangan/kesalahan dalam note ini. Bila masih ada yang kurang jelas dan masih ada pertanyaan, harap hubungi saya saja, dengan cara meninggalkan comment pada note ini atau lewat twitter http://twitter.com/nestiituagnes

Nantikan tulisan saya berikutnya : dengan Judul : Layout and Picture of Twitter, ngeblog menggunakan WordPress, dan sebagainya 

3 thoughts on “Tips Menggunakan Twitter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s