Asal Mula Nama Indonesia

Kita adalah rakyat Indonesia. Tapi apakah kita tahu tentang asal mula Indonesia? Sejak kapan istilah “Indonesia” dipergunakan? Siapa yang kali pertama mempergunakan istilah “Indonesia”? Marilah kita telusuri lebih jauh lagi.

J.R. Logan adalah seorang pegawai pemerintahan Inggris di Penang. Logan menyebut istilah ‘Indonesia” di dalam suatu tulisan pada majalah yang dipimpinnya. Ia mempergunakan istilah Indonesia untuk menyebut kepulauan dan penduduk nusantara. Artikel yang ditulisnya tentang Indonesia, karena Indonesia memiliki potensi yang besar bagi Inggris, yaitu penduduknya yang cukup industry. Juga wilayahnya sangat potensial untuk mendapatkan bahan mentah atau bahan baku untuk keperluan produksi industrinya.

Earl G. Windsor, pada tahun 1850 di dalam media milik Logan, ia menyebutkan kata “Indonesia” bagi penduduk nusantara. Adapun tokoh-tokoh lainnya yang mempopulerkan istilah “Indonesia” di dunia Internasional seperti  Adolf Bastian (1884), Van Volenhoven, Snouck Hurgronje, Kern, dll.di samping tokoh-tokoh itu yang kali pertama mempopulerkan istilah “Indonesia”, juga ada tokoh bangsa Indonesia pada masa pergerakan  seperti tokoh-tokoh dari perhimpunan Indonesia di negeri Belanda. Pada bulan januari 1924, perhimpunan Indonesia yang semula bernama Indische Vereeniging kemudian berganti nama menjadi Indonesische Vereeniging. Dengan nama “Indonesia” berarti telah menunjukan sikap lebih kuat sebagai orang Indonesia dan bukan sebagai orang hindia belanda.

Perhimpunan Indonesia yang berdiri di Negara Belanda juga mempunyai majalah berjudul “Hindia Putra” yang kemudian berganti nama menjadi “Indonesia Merdeka”. Dengan demikian perhimpunan Indonesia merupakan satu-satunya organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia yang terus berjuang memperkenalkan istilah Indonesia. Dalam perkembangan selanjutnya, kata Indonesia dikukuhkan menjadi identitas nasional melalui Kongres Pemuda dengan pengucapan Ikrar sumpah pemuda yang mencantumkan kata Indonesia.

Istilah Indonesia semaki bertambah popular dan diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia lewat sumpah pemuda. Oleh karena itu, tiap penduduk tidak lagi menyebut kepulauan Nusantara dengan sebutan Hindia Belanda, tetapi telah menyebut wilayahnya dengan sebutan Indonesia. Yang kemudian kata Indonesia itu kembali dikukuhkan melalui Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s